Rabu, 11 November 2009

aSal uSuL RoseLLa

Para pembaca pasti sudah tidak asing mendengar dan melihat apa apa itu dan seperti apa itu rosella,tapi apakah kalian mengetahui bagaimana asal usul dari Nah....... bagi kalian kalian yang belum tau.... silahkan baca artikel yang saya kutip dari buku miliknya maria Devi ini.....
Dalam artikel yang akan saya tuliskan ini ada 2 versi peerkembangan Rosella.....

  • Versi pertama :

Rosella merupakan tanaman asli afrika tropik,dan karena bijinya enak dimakan,dan karena daunn,tunas muda,dan bunganya begitu indah sehingga menjadi primadona. selanjutnya rosella didomestikasi pada awal abad 4000SM di sudan sebagai tanaman sayuran. sampai di amerika dan asia pada abad ke-17. Tanaman ini digunakan sebagai tanaman serat. Rosella tidak dikenal diluar afrika tahun sampai tahun 1914,ketika biji dari ghana diterima di filipina,rosella dikenal sebagai tanaman yang potensial menghasilkan serat.

percobaan penanaman dimulai d cuba pada tahun1919. Di asia, rosella dikenalkan pada tahun1918. kemudian di ikuti negara-negara lain.

  • Versi ke dua

Rosella berasal dari india bagian barat. saat itu serat rosella digunakan bahan pembuatan tekstil, dan pada abad 14, pedagang india membawa tanaman rosella ke indonesia.

namun dari kedua versi tersebut dapat disimpulkan bahwa rosella hanya dikenal dikalangan petani.mereka memanfaatkan daun muda untuk dikonsumsi, bunganya untuk dijadikan sirup,dan sekarang-sekarang ini perkembangan rosella dijadikan teh,dan masih banyak lagi olahan dari bunga tersebut

Nah.... nah..... sekarang kalian sudah tau kan bagaimana dan darimana bunga rosella itu tumbuh dan berkjembang......

1 komentar: